CARA MENGGUNAKAN CHOOSE DI SPREADSHEET
Formula CHOOSE dalam spreadsheet digunakan untuk memilih nilai dari daftar berdasarkan nomor indeks. Ini bisa sangat berguna bila Anda memiliki himpunan data tertentu dan ingin mengembalikan nilai berdasarkan posisi indeks yang Anda tentukan.
Format Formula CHOOSE
Format dasar dari formula CHOOSE adalah sebagai berikut:
=CHOOSE(index_num, value1, [value2], ...)
index_num adalah bilangan bulat yang menentukan pilihan yang akan dikembalikan. Nilai ini harus antara 1 dan jumlah nilai yang tersedia.
value1, [value2], ... adalah daftar nilai yang bisa dipilih. Anda bisa memasukkan hingga 254 nilai.
Contoh Penggunaan
Misalkan kita ingin memilih warna berdasarkan hari dalam seminggu dengan "1" untuk Senin dan "7" untuk Minggu:
Nomor. Hari
1. Senin
2. Selasa
3. Rabu
4. Kamis
5. Jumat
6. Sabtu
7. Minggu
Dan setiap hari kita mengaitkannya dengan warna sebagai berikut:
1. Merah
2. Biru
3. Hijau
4. Kuning
5. Ungu
6. Jingga
7. Abu-abu
Jika kita ingin mengetahui warna yang terkait dengan hari Rabu, kita akan menggunakan formula CHOOSE seperti ini:
=CHOOSE(3, "Merah", "Biru", "Hijau", "Kuning", "Ungu", "Jingga", "Abu-abu")
Formula di atas akan mengembalikan "Hijau", karena "Hijau" adalah nilai ketiga dalam daftar yang kita berikan, dan indeks yang kita pilih adalah 3 (untuk hari Rabu).
Contoh lain, jika kita memiliki sel dalam spreadsheet dengan nomor hari (misalnya, sel A1), kita bisa mereferensikan cell tersebut:
=CHOOSE(A20, "Merah", "Biru", "Hijau", "Kuning", "Ungu", "Jingga", "Abu-abu")
Jika A20 berisi angka 5, maka formula di atas akan mengembalikan "Ungu".
Selamat mencoba. Jika ada pertanyan, ketik di kolom komentar.
Posting Komentar untuk "CARA MENGGUNAKAN CHOOSE DI SPREADSHEET"